proposal bisnis TI - ebay

Tugas 3 Pengantar Bisnis Informatika 
Dosen : Rina Noviana
Kelas  : 4IA22
Nama Kelompok :
- Krisna Sembiring
- Bayu Permana
- Rachmat Hidayat
- Lutfi N U
- Michael Hadi Putra (tidak presentasi)
- Tri Septiyanto (tidak presentasi) 
 
 
LATAR BELAKANG
eBay, mulanya adalah situs untuk orang-orang yang membosankan, baru berhenti darikerja, para ibu rumah tangga yang serikat di rumah, dan para pensiunan yang bosan, untuk menjual berbagai barang aneh. Tapi, eBay dengan cepat tumbuh menjadi pasar ramai senilai 30 juta, dengan hukum dan normanya sendiri. Bahkan, eBay memiliki sistem pembayaran yang dinamai PayPal: sistem pembayaran yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran elektronik ke para penjual di eBay yang tidak memiliki rekening kartu kredit. Di eBay, banyak sekali dijumpai perusahaan-perusahaan besar yang ikut ’bermain’, diantaranya Sears Roebuck, Home Depot, Walt Disney, bahkan IBM. Lebih dari seperempat penawaran terdaftar dengan harga tetap. Jadi, apa yang dahulu dimulai sebagai pasar lelang murni bagi pelanggan, kini juga menjadi basar B2C (Business to Consumer) dan bahkan B2B (Business toBusiness) yang penghasilannya mencatat laba bagi para pemegang saham eBay.
Sejalan dengan perluasan ekonomi, CEO eBay, Meg Whitman dan timnya mendapati bahwa mengelola situs itu dapat menjadi jauh lebih sulit, terutama karena jutaan pemakai eBay yang sangat bernafsu dan menuntut suara dalam semua keputusan. Proses ini terjadi di Voice of the Customer. Setiap beberapa bulan, para eksekutif eBay bertemu dengan lusinan penjual dan pembeli, terutama ‘best seller’, untuk mengajukan berbagai pertanyaan mengenai bagaimana mereka bekerja dan hal lain apa yang harus dilakukan. Hasilnya, para pemakai merasa seperti pemilik, dan mereka berinisiatif untuk memperluas ekonomi. Contoh, toko alat mesin ReliableTools Inc, mencoba mendaftarkan beberapa barang di eBay pada akhir tahun 1998, dan ternyata barang mereka sangat laris, menghasilkan omset $1 juta lebih per bulannya.
Program lain dari eBay adalah eBay Motors. Program ini dibuat manajer eBay saat itu, Simon Rothman, awal 1999. Dia paham situasinya berbeda dengan pasar pada umumnya,sehingga mereka langsung membeli perusahaan lelang mobil koleksi, Kruse International,seharga $150 juta untuk persediaannya. Pendekatan ini ternyata berjalan dengan baik. Penjualan mobil dan suku cadangnya, senilai $5 milyar, yang disertai kenaikan tahunan, adalah pasar eBay terbesar. Pasar ini telah menghantar eBay menjadi dealer otomotif terbesar di AS berdasarkan AutoNation.
Sementara ini, perusahaan-perusahaan besar, yang masih merupakan pemberi kontribusi kurang dari 5% untuk penjualan kotor eBay, mulai membawa lebih banyak pelanggan daripada jumlah yang bereka curi. Contoh, Motorola Inc, membantu meluncurkan bisnis grosir untuk eBay tahun lalu, menjual kelebihan telepon selular yang dikembalikan dalam lot besar. Berkat inisiatif para perusahaan yang mapan seperti Motorola, bisnis grosir eBay melonjak 9x lipat menjadi $23 juta, dalam triwulan pertama. Sejalan dengan makin berkembangnya bisnis eBay, mereka mendorong penciptaan lebih banyak lagi bisnis, seperti Trading Assistant.
Tujuan
Untuk mempermudah masyarakat dapat mempublikasi barang yang akan dijualnya dengan sistem lelang sehingga kita dapat membeli produk/barang dengan kemungkinan harga yang ditawarkan lebih baik, pembelian dilakukan secara online, dan eBay memiliki perusahaan “brick dan mortar”.
WBS (Work Breakdown Structure)
WBS adalah suatu metode pengorganisaian proyek menjadi struktur pelaporan hierarakis. WBS digunakan untuk melakukan Breakdown atau memecahkan tiap proses pekerjaan menjadi lebih detail.hal ini dimaksudkan agar proses perencanaan proyek memiliki tingkat yang lebih baik.
WBS disusun bedasarkan dasar pembelajaran seluruh dokumen proyek yang meliputi kontrak, gambar-gambar, dan spesifikasi. Proyek kemudian diuraikan menjadi bagian-bagian dengan mengikuti pola struktur dan hirarki tertentu menjadi item-item pekerjaan yang cukup terperinci, yang disebut sebagai Wok Breakdown Structure.
Pada prinsipnya Work Breakdown Structure (WBS) adalah pemecahan atau pembagian pekerjaan ke dalam bagian yang lebih kecil (sub-kegiatan), alasan perlunya WBS adalah :
• Pengembangan WBS di awal Project Life Cycle memungkinkan diperolehnya pengertian cakupan proyek dengan jelas, dan proses pengembangan WBS ini membantu semua anggota untuk lebih mengerti tentang proyek selama tahap awal.
• WBS membantu dalam pengawasan dan peramalan biaya, jadwal, dan informasi mengenai produktifitas yang meyakinkan anggota manajemen proyek sebagai dasar untuk membuat perundingan.
Manfaat Work Breakdown Structure (WBS)
  1. Mengurangi kompleksitas
  2. Fasilitas penjadwalan dan pengendalian
  3. Estimasi Biaya (Cost Estimation)
  4. Penyusunan anggaran (Cost Budgeting)
  5. Perencanaan manajemen Risiko
  6. (Risk Management Planning)
  7. Identifikasi aktivitas(Activity Definition)
a.       Kegiatan/task
Pembuatan template website
-          Membuat struktur desain template
-          Mengaplikasikan desain ke dalam format html dan css
Pengerjaan programming
-          Membuat erd
-          Merancang database
-          Membuat table di dalam database
-          Pengaplikasian fungsi website dengan menggunakan php
-          Pengaplikasian security terhadap website
Penginputan data di website
-          Menginputkan data barang yang diperlukan dalam website
-          Melakukan uji coba website
b.      Biaya
-          Harga jasa pembuatan : Rp 70.000.000,00
-          Pembelian domain dan hosting : Rp 1.000.000,00/tahun
-          Biaya pemeliharaan website : Rp 1.000.000,00
c.       Waktu
Untuk menyelesaikan pembuatan website eBay ini dibutuhkan waktu tiga bulan.
d.      Implementasi
Tampilan website dan perancangan website eBay.
-          Tampilan Halaman Utama
Fitur – fitur Ebay
Login dan Register 
Fitur login digunakan untuk masuk ke akun ebay yang ada atau telah dibuat. Register digunakan untuk melakukan registrasi.


·         Following
Fitur ini menunjukan banyaknya akun yang kita ikuti.
 
·         Today
Fitur ini berisi tentang barang terbaru dan barang yang sedang popular saat ini.
 
·         Fashion
fitur ini berisi pilihan kategori paling teratas dari pakaian pria, wanita dan anak – anak.
 
·         Electronics
Fitur ini berisi pilihan kategori paling teratas dari Telepon Genggam, Kamera dan Komputer atau Laptop.
 
·         Collectibles & Art
Fitur ini berisi pilihan kategori paling teratas dari Barang Antik dan Barang Koleksi.
 
·         Home & Garden
Fitur ini berisi pilihan kategori paling teratas dari Decorasi, Peralatan  dan Alat – alat Rumah.
 
·         Sporting Goods
·         Fitur ini berisi pilihan kategori paling teratas dari Sepeda, Golf, Berburu dan Olah raga lainnya.
 
·         Motors
Fitur ini berisi pilihan kategori paling teratas dari Mobil, Truck, Motor dan Aksesoris.
 
·         Daily Deals
·         Fitur ini berisi pilihan kategori paling teratas dari diskon hari ini.
 

Komentar

Postingan Populer