wawancara di blok F tanah abang


NAMA : KRISNA SEMBIRING
KELAS : 1IA18
NPM : 54411017
DOSEN : DIMYATI
Pada kesempatan kali ini saya selaku pewawancara dari kelas 1ia18 dalam rangka tugas mata pelajaran IBD (ilmu sosial dasar ) akan melakukan riset mengunjungi para pengusaha dan pedagang yang bermukim di daerah kawasan tanah abang.
Tertanggal  13 april 2012 saya dan teman2 saya melakukan riset menuju tanah abang. Kami mengunjungi kawasan blok F  tanah abang dimana di sana terdapat berbagai pedagang yang umumnya merupakan pedagang tekstil . dapat dilihat dari gambar
parkiran tanah abang










Saat itu kami pergi menuju kawasan gedung blok  A ada dimana disana terdapat sebuah gedung khusus area perdagangan berbagai macam tekstil didalamnya . 
 





Disaat kami berada di gedung blok A kami langsung menuju ke kawasan pasar tekstil yang berada di dalam gedung  kami mencari pengusaha pengusaha tekstil yang dapat memberikan informasi2 dalam wawancara kami . di dalam gedung tersebut terdapat pengelompokan pengelompokan tekstil yang sangat teratur seperti contohnya di bagian lantai  3 kami mendapati kelompok penjual pakaiyan seperti kebaya dan lain2 lalu jika kami naik kelantai 4 kami mendapati kawasan tekstil yang menjual berbagai jenis batik yang angat beragam , dapat dilihat di gambar :
 



Kami memutuskan untuk mewawancarai pengusaha penjual barik modern dimana disana terdapat berbagai jenis batik dari batik pekalongan hingga batik bali namun ada yang menarik di dalam toko tersebut mereka menjual batik batik modern yang memiliki baju batik berpadu dengan club club bola dunia yang memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung seperti dapat dilihat dalam gambar dibawah ini:
saya di tanah abang
 










Kami mewawancarai toko Harditama Batik. yang beralamat lantai 4 blok A tanah abang


Toko       : Harditama Batik
Alamat    : lantai 4 blokA tanah abang
Pemilik    : bpk Khristo

Kami mewawancarai bapak Bpk khristo yang merupakan pekerja sekaligus pemilik dari toko Batikhome collection dia sudah 1,5 tahun bekerja menjadi pengusaha di toko batik tersebut dan setelah kami tanyakan ternyata bapak hengki sebelum memulai usaha toko batik yang kini bisa dibilang sudah besar dan sukser merupakan seorang pegawai bank di sebuah bank swasta di jakarta . menurut beliau bekerja di bank memang lumayan baik namun masih belum bisa memberikan masa depan yang baik karena itu dia memutuskan untuk memulai usaha di tanah abang ini. Motivasi beliau untuk memulai bisnis ini adalah disaat dia masih bekerja di bank swasta dijakarta dia memiliki costumer2 yang sebagian besar merupakan seorang pengusaha di tanah abang tersebut dan menurut mereka  penghasilan menjadi seorang pengusaha sangatlah besar . dan akhirnya iya memutuskan untuk berhenti dari bank tersebut dan memuali merintis usahanya dari nol. Dan disaat iya melihat pasar apa yang masih kurang di tanah abang dia akhirnya memutuskan untuk menjadi pedagang batik .
           Beliau memasok barang batik miliknya dari grosir yang ada di solo dan jogja dan dia juga melihat pasar2 di jakarta jika ada batik yang sedang trend maka dia langsung membelinya didan menjualnya di toko beliau . dan setelah hampir 5 tahun merintis usaha tersebut tokonya mulai berkembang pesat karena inovasi inovasi yang terus di ciptakan beliau . dan alhasil omzet yang iya terima menjadi sangatlah besar.
Dan menurut beliau setelah 5 tahun merintis usaha berdagang di tanah abang ini dia sudah meraup keuntungan mencapai 150 juta perbulan . sangat besar bagi kami. Namun itulah kenyataannya beliau sangat sukses dalam usahanya tersebut .
Dan untuk perekrutan pegawai dan bagai mana menjalankan bisnis tersebut beliau selalu menanamkan prinsip semua karyawan wajibs aling memiliki usaha tersebut tanpa membeda bedakan statusnya  hingga terjalin hubungan saling meiliki antar pemilik dan pegawai .
Dan kami juga mewawancarai pegawai disana menurut mereka bekerja di toko batikhome collection sanagtlah nyaman karena selain bos mereka sangat care terhadap pegawai mereka juga sering mendapat tips2 dan bonus seperti bonus omzet dan bonus hari raya . hingga bisnis ini sangat lancar.


Writter

Krisna.sembiring
untuk video rekaman wawancara dapat dilihat di link :
http://www.youtube.com/watch?v=lBsEt0677yQ&feature=youtu.be

saya sudah share di youtube silahkan dilihat


PHOTO TAMBAHAN :

Komentar

Postingan Populer