wawancara masyarakat di kawasan "Tanah abang"


 Untuk  menyelesaikan tugas IBD (ilmu budaya dasar ) pertama maka saya dalam hal ini membuat sebuah wawancara terhadap penduduk yang bertempat tinggal  di pemukiman tanah abang jakarta.
Saya memwawancarai seorang pengusaha kios pakaiyan POLARIS  yang bertempat dilokasi pasar tanah abang . bernama Bapak Benny Rusly .
Saya                       : “Selamat siang bapak , dengan bapak siapa saya berbicara ?”
Narasumber       :”nama saya bapak Benny Rusly...”
Saya                       :”selamat siang bapak benny nama saya Krisna dari kota bekasi dimana saya ingin menanyakan beberapa informasi  mengenai biografi bapak yang tinggal dan bekerja di daerah tanah abang ini ...apakah bapak punya waktu...??”
Narasumber      :”baiklah saya bersedia ...!”
Saya                       :”baiklah mula mula saya ingin bertanya ....sudah berapa lama bapak tinggal dan bekerja di tanah abang..?”
Narasumber      :”saya sudah tinggal sejak 12 tahun lalu dimana saya dan keluarga saya pindah dari pekalongan dan bermukim di tanah abang ... dan saya mulai bekerja disini sekitar 4 tahun yang lalu...”
Saya                       :”oke... lalu bagaimana cara bapak bisa bekerja di kios ini...??”
Narasumber       :”hem saya mulai bekerja sebagai kurir di toko butik di blok b tanah abang ini ...lalu setelah saya mendapat banyak relasi dan modal yang cukup untuk membuat usaha sendiri di sini maka saya mulai meyewa kios dengan harga 12 juta pertahun...”
Saya                       :”lalu berapa modal yang bapak butuhkan saat memulai usaha di tanah abang ini????”
Narasumber     :”saya memulai modal awal 30 juta untuk biaya modal baju lalu sewa tempat dan sewa karyawan...!”
Saya                       :”baiklah .... kalo keuntungan awal yang bapak terima adalah ..???”
Narasumber      :”mula mula saya hanya mendapat keuntungan 5000.000 perbulan namun tidak selalu segitu harga yang saya dapat ... karena saya belum mendapat costumer ...”
Saya                       :”lalu bagaimana usaha bapak tetap berjalan hingga saat ini???”
Narasumber       :”saya berusaha mengiklankan produk saya melalui brosur atau dengan memberikan pelayanan terbaik pada costumer hingga para costumer saya puas akan pelayanan yang saya berikan dantidak kapok kembali  ke toko saya ini....”
Saya                       :”baiklah .. lalu bagaimana pertumbuhan ekonomi usaha saya saat ini ??”
Narasumber       :” saya bersyukur pada tuhan perkembangan usaha saya sangat bagus ... karena sudah hampir 4 tahun saya menjalani usaha ini..!!”
Saya                       :”baiklah pertanyaan  terakhir  bisakah bapak memberikan tips2 sukses bagi para pengusaha muda yang baru akan memulai usaha ditanah abang...???”
Narasumber      :”menurut saya  kita harus sabar dan memberikan pelayanan yang sepenuhnya pada pelanggan dengan baik...!!!”
Saya                       :”baiklah terimakasih atas waktu bapak ... saya berharap usaha yang bapak geluti lebih sukses lagi ...”

           Narasumber       :”iya sama sama...!!!”

Komentar

Postingan Populer